Belum lolos seleksi kartu prakerja 3 kali? lakukan hal berikut ini

Pendaftaran seleksi Kartu Prakerja telah dibuka, dan sampai artikel ini di terbitkan seleksi kartu prakerja sudah mencapai gelombang 10. 

Kartu Prakerja sendiri merupakan salah satu program yang jalankan pada masa pemerintahan presiden Joko widodo sesuai dengan visi dan misi pada saat melakukan kampanye pencalonan Presiden. 


mengatasi gagal seleksi kartu prakerja

Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan. Namun selama adanya pandemi Covid 19 yang sangat berdampak pada perekonomian dan lapangan kerja, maka pemerintah melakukan perubahan terhadap kartu prakerja agar bisa menjadi bantuan bagi pekerja yang terkena PHK atau angkatan kerja yang baru lulus dari pendidikan.

Anggaran dilipatgandakan menjadi Rp20 triliun untuk bisa memperluas cakupan bantuan. Selain itu total bantuan yang didapat adalah Rp3,55 juta, dengan rincian Rp600 ribu untuk biaya pelatihan tiap bulan selama 4 bulan dengan total Rp2,4 juta dan Rp 1 juta sebagai insentif biaya pelatihan, serta Rp150 ribu sebagai biaya survei. Pelatihan yang awalnya meliputi juga pelatihan tatap muka, kini sepenuhnya daring.

Insentif akan disalurkan secara bertahap, yang akan diberitahukan pada akun atau notifikasi via email resmi kartu prakerja. Insentif dapat digunakan untuk meringankan biaya yang sudah dihabiskan ketika pelatihan seperti makan, transport, dan pulsa; atau meringankan biaya selama mencari pekerjaan.

adapun syarat utama untuk mendapatkan kartu prakerja antara lain sbb :

  1. Pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan.
  2. Tidak sedang menjalani pendidikan formal.
  3. Pekerja formal atau informal.
  4. WNI berusia 18 tahun ke atas.
  5. Pelaku usaha mikro dan kecil.
  6. Korban PHK

Tunjangan penerima Kartu Prakerja, selama COVID-19 peserta mendapat manfaat Rp3,550,000, bantuan pelatihan Rp1 juta, penuntasan pelatihan Rp3,550,000 per bulan selama empat bulan, serta insentif survei keberkerjaan Rp150 ribu.

Adapun cara yang untuk mendaftarkan diri dalam seleksi kartu prakerja yaitu dengan mengunjungi website resmi Prakerja di https://www.prakerja.go.id/ dan mengisi biodata pada web tersebut, apabila telah selesai mengisi biodata maka akan dilakukan Tes pengetahuan secara online untuk menjadi bahan penilaian seleksi tersebut.

Sayangnya tes tersebut hanya dilakukan satu kali pada saat pendaftaran awal kartu prakerja, sehingga apabila kalian tidak lolos di seleksi tersebut, kalian bisa mendaftarkan kembali akun kalian di gelombang berikutnya namun yang di nilai adalah tetap hasil tes saat pertama kali mendaftar.

Dari kejadian itu maka ada beberapa orang yang telah mencoba di beberapa gelombang namun tetap gagal. Pada kesempatan ini, theAsk akan sedikit memberikan tips buat kalian yang sudah 3 kali mencoba bergabung ke gelombang. namun belum berhasil menjadi peserta Kartu Prakerja. 


Gagal 3 kali seleksi prakerja lakukan hal ini

Kalian bisa mengadukan masalah tersebut ke Kartu prakerja dengan cara sebagai berikut :

  1. Silahkan kalian buat pernyataan gagal 3 kali (Contoh surat pernyataan dapat kalian unduh dilink pada akhir artikel ini)
  2. Isi surat dengan baik dan benar dan email ke kepesertaan@prakerja.go.id
  3. Pihak Manajemen Prakerja akan mengecek dan menindaklanjuti hal tersebut.

Semoga dengan informasi ini, kalian bisa melanjutkan kembali untuk mendaftar kartu prakerja tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.



Sumber : - prakerja.go.id - https://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_Prakerja

Post a Comment

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar, dengan catatan :
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
2. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar via email
3. Berkomentarlah dengan baik dan bijak tanpa menyinggung SARA.