Terkendala Transfer Saldo LinkAja Ke Rekening Bank Lain? Berikut ini 8 langkah mudahnya

Arikel kali ini, theAsk akan sedikit membahas bagaimana melakukan transfer saldo LinkAja ke Rekening bank. dikarenakan banyaknya keluhan pengguna Linkaja yang masih kurang tahu bagaimana cara transfer saldo tersebut. 

cara mudah transfer saldo linkaja ke rekening bank

Sebelum masuk ke tahapan-tahapannya, ada baiknya kita mengenal lebih jauh apa itu Linkaja?

LinkAja merupakan aplikasi keuangan yang memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bertransaksi untuk kebutuhanmu sehari-hari,

Dengan menggunakan Aplikasi LinkAja kita dapat dengan mudah untuk transaksi  pulsa & data, bayar merchant dengan Stiker NFC LinkAja snap kode QR dan token, bayar tagihan, beli voucher game, kirim donasi, kirim uang ke sesama pengguna LinkAja dan ataupun kirim uang ke rekening bank lain, serta masih banyak lagi.

Aplikasi LinkAja sendiri dapat kita download langsung di Playstore untuk pengguna Android dan kompatible dengan versi android 5.0 keatas. namun aplikasi ini tidak bisa berjalan untuk android yang sudah di rooting seperti aplikasi keuangan pada umunya.

LinkAja memiliki 2 tipe layanan, yaitu Basic Service dan Full Service, adapun perbedaan kedua layanan ini yaitu :

Basic Service merupakan layanan default Aplikasi, dimana layanan yang diberikan sudah otomatis saat kita mendownload Aplikasi, yang mana data identitas pemegangnya belum terdaftar dan belum tercatat di Finarya. Adapun layanan Basic service sebagai berikut :

  • Pengisian saldo atau top up maksimum 2 juta rupiah.
  • Melakukan transaksi atau pembayaran di merchant atau toko yang sudah bekerja sama dengan LinkAja.
  • Melakukan pembayaran tagihan. Anda bisa melakukan pembayaran tagihan seperti PDAM, PLN, pengisian pulsa, dan lain sebagainya.
  • Fasilitas lainnya berdasarkan persetujuan dari Bank Indonesia.

Full Service merupakan layanan LinkAja yang mana data identitas pemegangnya sudah terdaftar dan sudah tercatat di Finarya. Adapun fasiltas yang diberikan untuk layanan Full Service yaitu :

  • Pengisian saldo atau top up melalui layanan yang sudah disediakan. dengan batas maksimum pengisian saldo adalah sebesar 10 juta rupiah.
  • Kita juga bisa melakukan transaksi atau pembayaran seperti belanja online, membeli serta membayar handphone, dan melakukan transaksi di merchant ataupun toko yang sudah bekerja sama dengan LinkAja.
  • Melakukan berbagai macam pembayaran tagihan seperti PLN, PDAM, Asuransi, isi pulsa, dan lain sebagainya.
  • Melakukan transfer dana atau uang. Anda dapat melakukan transfer ke akun rekening bank Anda atau ke sesama pengguna LinkAja
    Anda dapat melakukan tarik tunai. Jika Anda ingin menarik saldo, Anda bisa melakukannya. Fasilitas ini hanya dimiliki bagi pengguna layanan Full Service.
  • Fasilitas lainnya berdasarkan persetujuan dari Bank Indonesia.

Itulah sedikit perbedaan antara layanan Basic Service dengan Full Service pada Aplikasi LinkAja, 

Pada kesempatan ini theAsk akan menjelaskan cara menggunakan fasilitas transfer saldo Linkaja ke rekening bank, yang mana fasilitas ini hanya berlaku untuk akun yang sudah Full Service.

Jadi sebelum melakukan hal ini, pastikan bahwa akun kita sudah memiliki layanan Full Service. Baiklah langsung saja ke langkah-langkahnya.

Transfer Saldo LinkAja ke Rekening Bank

  1. Masuk ke Aplikasi LinkAja, Kemudian Pilih "Kirim Uang".
    cara menggunakan aplikasi linkaja

  2. Silahkan Pilih "Rekening Bank" Seperti gambar berikut. 
    kirim saldo ke rekening

  3. Selanjutnya, pilih bank tujuan penarikan. 
    memilih rekening bank untuk transfer saldo linkaja

  4. Kemudian isi nomor rekening bank Anda. Jika sudah, tekan "Lanjut"
    Cara memasukkan rekening bank ke linkaja

  5. Berikutnya, masukkan nominal saldo LinkAja yang ingin dikirim ke rekening bank (minimal pencairan Rp10.000). Anda bisa juga menambahkan catatan transaksi melalui opsi Tambah Catatan Transaksi. Lalu, klik ceklist berwarna merah. 
    bagaimana kirim uang ke bank dari linkaja
    cara kirim uang dari linkaja ke bank
    linkaja ke bank
  6. Berikutnya akan ditampilkan preview penarikan yang hendak kita lakukan. Pastikan nomor rekening dan nominal transfer sudah benar, setelah itu pilih "Konfirmasi"
    tips transfer linkaja ke bank bca

  7. Terakhir, masukkan kode PIN akun LinkAja Anda dan tunggu hingga transaksi selesai 
    pin linkaja untuk transfer bank

  8. Untuk proses saldo masuk ke rekening bank, umumnya memakan waktu beberapa menit saja atau instan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa cek di detail transaksi, Namun, jika sedang ada gangguan dari pihak bank ataupun LinkAja kemungkinan terjadi keterlambatan. 
    detail transaksi untuk pengiriman saldo dari linkaja ke bank
    transaksi dari linkaja ke bank berhasil
    cara mudah transfer saldo linkaja ke bank

Demikian cara untuk melakukan transfer saldo LinkAja ke Rekening bank lain kita, adapun beberapa kendala yang biasanya dihadapi saat melakukan transaksi yaitu :

  1. Gangguan Server sehingga transaksi tidak berjalan.
  2. Pastikan Akun kita sudah mengaktifkan Full Service.
  3. Sekedar info, untuk Transfer ke rekening bank, akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 6.500,- sehingga saldo kita harus tersisa senilai tersebut saat melakukan transaksi, contohnya, apabila saldo kalian sisa Rp. 500.000,- maka yang bisa di tansfer hanya Rp. 493.500,- karena akan dikenakan biaya admin Rp. 6.500,-

Demikian sedikit informasi cara melakukan transfer saldo dari LinkAja ke Rekening bank, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar, dengan catatan :
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
2. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar via email
3. Berkomentarlah dengan baik dan bijak tanpa menyinggung SARA.