Updater process ended with Error 7 dan cara mengatasinya

Error 7 TWRP - Untuk kali ini admin akan sedikit membahas bagaimana cara mengatasi error 7 saat flash rom via TWRP, karena admin sendiri menemukan masalah ini pada saat melakukan flashing custom rom untuk ponsel xiaomi mi 4w cancro dan custom rom acer z520.

Cara mengatasi error "Updater process ended with ERROR : 7

Dibeberapa kasus yang admin baca di forum-forum android seperti XDA dan 4pda.ru ternyata masalah "Updater process ended with Error 7" sering di temukan terutama di perangkat xiaomi dengan codename cancro, hal tersebut karena xiaomi dengan code name cancro terdapat beberapa jenis seperti mi3, mi4lte dan mi4w.

Error dengan status 7 dikarenakan file script updater ROM melakukan pengecekan apakah model ponsel kalian kompatibel sama ROM yang kalian install [sumber XDA].
Jadi jika hal ini terjadi, maka pastikan dulu apakah ROM yang akan kalian install sudah tepat dan sesuai dengan perangkat kalian.

Pada script updater, terdapat perintah "Assert" dimana mekanisme ini memungkinkan kalian terselamatkan atas kesalahan melakukan penginstalan rom, contoh kasus apabila kalian tidak sengaja atau tidak tahu jika kalian melakukan flashing rom mi4w ke perangkat redmi note 4, maka error tersebut akan muncul dan menegaskan bahwa kalian ada kesalahan penginstalan ROM.

Dari penjelasan diatas, admin kira cukup jelas mengapa error tersebut muncul pada saat kalian melakukan flashing custom rom ke ponsel android kalian. Jadi sebelum kita lebih jauh membongkar updater script ROM tersebut, admin sarankan agar mengecek kembali apakah kalian sudah menggunakan custom recovery TWRP versi terbaru, Jika benar silahkan cek dan pastikan kembali bahwa ROM yang akan kalian flashing memang benar-benar kompatibel dengan perangkat kalian. bagaimana cara mengetahui bahwa custom rom tersebut kompatibel dengan ponsel kalian? berikut sedikit tips dari admin.

  • Cek kembali nama file rom tersebut, karena umumnya nama file rom tersebut diselipkan tipe ponsel atau kode name ponsel.
  • Pastikan sebelum kalian mendownload sebuah Custom rom, kalian membaca info-info seputar Rom tersebut. termasuk review atau komentar-komentar pengguna lain.
  • Baiknya kalian mendownload custom rom pada forum atau group yang memang diperuntukkan bagi ponsel kalian.

Jika memang Custom rom tersebut kompatibel tetapi error status 7 tersebut masih muncul saat flashing ROM, maka kalian bisa ikuti langkah-langkah admin dibawah ini. Admin sendiri melakukannya di PC tetapi kalian juga dapat mengimplementasikannya menggunakan ponsel android dengan catatan kalian memiliki aplikasi untuk ekstrak / unzip file zip dan text editor yang sudah terinstall di ponsel kalian.

Cara mengatasi error "Updater process ended with ERROR : 7

  • Ekstrak file zip ROM dengan aplikasi unzip kalian. Jika berhasil, kalian akan menemukan beberapa folder dan file didalamnya. 
    error 7 twrp? ini solusinya
    File dan folder Hasil ekstrakan ROM
  • Pergi ke folder META INF > com > google > android dan cari file dengan nama updater-script. 
    solusi error status 7 flashing rom
    Lokasi file Updater-Script
  • Edit file updater-script yang ada difolder tersebut dengan menggunakan text editor seperti notepad ++ 
  • Hapus script awal yang memiliki perintah "Assert", untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat gambar dibawah ini. 
    Cara mengatasi error 7 saat flashing rom
    Hapus Teks yang diawali dengan perintah Assert sampai dengan teks ui_print target

    Error 7 xiaomi flash rom
    Tampila file Updater-Script setelah di edit
  • Jika sudah silahkan save atau simpan kembali file tersebut.
  • Berikutnya Kompres semua file ROM tersebut, jangan lupa menggunakan ekstension zip. Jika sudah selesai, silahkan di flash. admin yakin error status 7 tersebut sudah tidak muncul dan ROM dapat dengan lancar diinstall.

Demikian cara mudah mengatasi error status 7 Updater process ended with error 7, semoga bermanfaat, dan jika ada kendala atau masalah dalam melakukan langkah-langkah diatas, kalian bisa tanyakan di kolom komentar agar kita sama-sama belajar memperbaikinya. terima kasih


3 comments

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar, dengan catatan :
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
2. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar via email
3. Berkomentarlah dengan baik dan bijak tanpa menyinggung SARA.
  1. Gan, saya sudah lakukan semua tutor ya, asalkan loading nya jalan pas loading selesai tetap muncul eror 7 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek kembali apakah rom tersebut memang kompatibel dengan hpnya... Dan kalo boleh tahu ponsel jenis apa n romnya...

      Delete
    2. Gua juga kek gitu bang, device mi a1, rom aospextended-v6.7 aka poco f1. Apa emang ga kompatibel?

      Delete