Aplikasi Untuk menyelesaikan soal matematika di HP Android

Menyelesaikan soal matematika - Siapa sih yang tidak tahu dengan pelajaran Matematika, admin yakin kalian semua pasti tahu tentang pelajaran tersebut tetapi tidak semua menyukainyakan?

Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika

Selain karena kita hanya berkelut dengan angka-angka, matematika juga merupakan pelajaran yang paling rumit karena terdiri dari penjumlahan, rumus-rumus dan kunci dalam menjawab soal sehingga akan cukup menguras pikiran dalam pengerjaannya. 

Anehnya, terkadang tingkat kecerdasan kita diukur berdasarkan kemampuan kita mengerjakan soal matematika, semakin rumit soal yang kita selesaikan maka orang-orang akan berpendapat bahwa sanya kita adalah orang yang lebih cerdas.

Sayangnya tidak semua orang dikaruniai kecerdasan untuk menyelesaikan soal matematika, admin pribadi juga mundur dan mengangkat tangan jika di berikan soal mengenai matematika.

Untuk mengatasi kekurangan dari hal tersebut, admin sendiri menggunakan sebuah aplikasi untuk menyelesaikan perhitungan matematika. Yang dinamakan Photomath.

Apa itu aplikasi photomath? Photomath merupakan aplikasi yang dapat menyelesaikan soal matematika dengan cepat. Kalian cukup mengarahkan kamera ponsel ke naskah soal matematika tersebut, dan secara otomatis aplikasi akan memprosesnya dan memberikan hasil dari / jawaban dari soal tersebut.

Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika

PhotoMath memiliki banyak kelebihan seperti sistem PhotoMath yang bekerja secara real-time. Dengan sistem ini pengguna akan memperoleh respon cepat dan instan untuk jawaban soal matematika Anda sesaat setelah Anda selesai memindai soal matematika dengan smartphone.

Namun dibalik segala kecanggihannya, ternyata aplikasi PhotoMath masih menyimpan sebuah kekurangan. Kelemahan dari aplikasi ini adalah pada saat proses pemindaian, pengguna haruslah melakukannya dengan baik dan benar. Karena jika tidak, PhotoMath tidak akan berjalan sempurna. Akibatnya, mungkin saja jawaban yang muncul tidak akurat.

Hal ini terjadi karena akan ada angka atau simbol yang tak tertangkap kamera smartphone. Alhasil, jawabannya pun bukan tidak mungkin akan berbeda atau salah dari yang seharusnya. Mengetahui akan kekurangan ini, MicroBlink masih terus berupaya meningkatkan level keakuratannya untuk mampu memindai soal dari beragam media dan teknik penulisan.

Adapun beberapa jenis operasi matematika yang dapat diselesaikan dengan aplikasi photomath, yaitu sebagai berikut :
  • Operasi bilangan bulat, pecahan, desimal, pangkat, akar pangkat, dan logaritma
  • Pernyataan Aljabar
  • Persamaan-persamaan: Linear, kuadrat, nilai mutlak, Rasional, Irasional, Logarithmic, Exponen, Trigonometri
  • Pertidak-samaan: Linear, kuadrat, nilai mutlak, Rasional, Irasional, Logarithmic, Exponen
  • Penyelesaian: perbandingan, substitusi, Eliminasi, metode Gauss-Jordan and Cramer’s Rule
  • Kalkulus: fungsi turunan, fungsi Integral
  • Trigonometri : hitungan sudut ruang
  • Grafik fungsi-fungsi matematika dasar
Bagaimana, tertarik untuk menggunakannya? Jika tertarik, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara menggunakan aplikasi photomath untuk menyelesaikan operasi / soal matematika.


Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika
  • Jalankan Aplikasinya, pada menu awal, silahkan pilih bahasa aplikasi yang kalian inginkan kemudian Tap "Let's go" atau "Ayo".
Photomath Aplikasi untuk mengerjakan soal matematika
  • Silahkan login dengan akun sosial media kalian.
login to photomath
  • Selanjutnya kalian akan dibawah ke mode kamera, untuk melakukan scanning soal matematika yang ingin kalian selesaikan, tempatkan soal tersebut tepat di bingkai merah pada layar ponsel kalian, seperti gambar dibawah ini. kemudian tekan/ tap simbol pengambilan gambar layaknya saat kalian memfoto objek dengan kamera.
cara cepat menyelesaikan soal matematika
cara cepat menyelesaikan soal matematika
  • Maka secara otomatis hasil dari operasi / soal matematika tadi akan muncul seperti contoh dibawah, dan untuk mengetahui langkah-langkah penyelesaian soal, silahkan kalian tekan / tap pada "Tampilkan Langkah Penyelesaian".
photomath untuk matematika
photomath untuk matematika
Dengan aplikasi ini, kalian sudah tidak perlu terlalu berpikir dan takut untuk menghadapi soal matematika, karena dengan ini, menyelesaikan soal matematika menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Referensi :
- https://e1wan.wordpress.com/2017/10/09/aplikasi-teknologi-sistem-cerdas-di-aplikasi-photomath-pada-smartphone/
- https://www.maxmanroe.com/photomath-aplikasi-canggih-untuk-selesaikan-soal-matematika.html

1 comment

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar, dengan catatan :
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
2. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar via email
3. Berkomentarlah dengan baik dan bijak tanpa menyinggung SARA.
  1. Keren ni aplikasinya, saya juga pakai. Walau terkadang masih susah untuk pembacaan tulisan tangan, tapi setidaknya cukup membantu. Karna ada opsi kalkulator atau ketik manualnya jika scan soalnya bermasalah/ tidak sesuai.
    Makasih infonya...

    ReplyDelete