Begini cara cek rekening "penipuan" sebelum transfer transaksi online untuk mencegah penipuan

Cek rekening penipuan online - Di artikel kali ini, admin akan memberikan sedikit tips bagi yang belum tahu bagaimana sih untuk menghindari penipuan transaksi online, seperti transaksi jual beli yang mengharuskan kalian mengirimkan sejumlah uang melalui rekening bank. Sebelum melakukan transaksi tersebut, ada baiknya Cek rekening penerima tersebut, takutnya penerima tersebut adalah oknum yang tidak bertanggung jawab yang telah melakukan penipuan online.

cara mengetahui rekening penipu online

Perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang ini, menyebabkan hampir semua hal dapat dilakukan dengan cara online.

Seperti contoh transaksi jual beli, kita tahu bahwa sekarang banyak transaksi jual beli yang dilakukan secara online dimana transaksi dilakukan penjual dan pembeli secara online melalui media internet, tidak ada perjumpaan langsung antara pembeli dan penjual. sehingga bisa dibilang murni karena kepercayaan terhadap pihak penjual. dan tentunya cara ini boleh dibilang sangat praktis.

Namun begitu hal ini pula yang kadang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak penipuan, karena seperti yang admin bahasakan diatas, tidak ada tatap muka antara penjual dan pembeli dalam transaksi tersebut. sehingga terkadang pembeli sudah mengirimkan sejumlah uang ke rekening oknum tersebut tetapi tidak ada tindak lanjut dari penjual (Barang yang ditransaksikan tidak kunjung datang).

Karena banyaknya laporan penipuan menggunakan transaksi rekening secara online yang masuk ke Kominfo, maka Kementrian Kominfo membuat sebuah situs untuk melakukan pengecekan nomor rekening, apakah terindikasi penipuan atau tidak.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, bahwa situs tersebut resmi launching pada awal tahun 2017. "Benar, Cekrekening.id didedikasikan khusus untuk pengecekan nomor rekening bank," kata Ferdinandus, dilansir dari situs kompas.com

Jika memang nomor rekening tersebut pernah melakukan tindak penipuan dan telah dilaporkan, maka akan muncul histori laporan nomor rekening tersebut.

Secara garis besar, Cekrekening.id menyimpan semua database rekening transaksi yang terindikasi melakukan penipuan online, yang bersumber dari informasi masyarakat, asosiasi, aparat penegak hukum dan bank. nomor rekening yang dilaporkan berulang-ulang akan dilakukan pengecekan ke bank bersangkutan.

Jadi sebelum kalian melakukan transfer ke rekening transaksi jual beli online, admin sarankan ada baiknya kalian lakukan cek rekening penipuan online tersebut di cekrekening id. dengan cara sbb:

Cara cek rekening penipuan online di Cekrekening.id

  1. Silahkan kunjungi situs resmi Cekrekening.id 
  2. Di halaman awal, masukkan Nama Bank dan Nomor Rekening tujuan, kemudian Centang Captcha, setelah itu "Periksa Rekening" 
    cek rekening untuk transaksi online yang aman
  3. Maka apabila nomor rekening tersebut pernah dilaporkan, akan muncul histori laporan nomor rekening tersebut, seperti gambar dibawah.
    penipuan online dengan transfer bank

    rekening penipuan online
Bagaimana, mudah bukan? setidaknya dengan adanya situs ini, dapat membantu kita untuk berjaga-jaga agar terhindar dari penipuan transaksi jual beli secara online yang marak terjadi. 
Demikian tips untuk kali ini, dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar, dengan catatan :
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
2. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar via email
3. Berkomentarlah dengan baik dan bijak tanpa menyinggung SARA.