Membuat bootable USB flashdisk di linux mint

Pada kesempatan ini, theAsk akan menjelaskan bagaimana cara membuat bootable USB flashdisk pada OS linux mint. hal ini sangat berguna bagi kalian yang kesulitan dalam melakukan instalasi OS baik itu karena tidak tersedianya CD ROM atau tidak memiliki CD/DVD Installer OS Windows yang diinginkan.

Kalian hanya perlu menyediakan sebuah usb flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB, file iso OS Windows yang ingin diinstall, dan software untuk menjalankan bootable OS tersebutn. Maka Bootable OS Windows pada flashdisk akan siap dalam beberapa menit.

how to make a usb bootable on linux

Untuk kali ini admin akan menerangkan cara membuatnya bukan melalui OS Windows, tetapi melalui OS linux mint karena admin sendiri merupakan user Linux Mint, disini admin menggunkan OS Linux mint 18.2 cinnamon 32 bit, dan hal ini sudah peraktekkan langsung pada saat akan melakukan install ulang notebook Acer Aspire one menggunakan OS windows 7 ultimate dan proses ini work 100%. 

Adapun aplikasi yang akan kita gunakan untuk membuat bootable USB flashdisk pada Linux Mint yaitu Aplikasi WoeUSB, untuk proses pembuatan bootable pada linux ini cukup mudah. Dan dalam instalasi aplikasi WoeUSB ini kalian perlu terkoneksi ke internet karena kita perlu melakukan add repository aplikasi tersebut.

Langkah membuat bootable USB flashdisk pada linux Mint 18.2 cinnamon yaitu sbb :

1. Install terlebih dahulu aplikasi WoeUSB pada linux mint kalian melalui terminal dengan mengetikkan perintah-perintah berikut.

sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
sudo apt update
sudo apt install winusb

2. Jika sudah terinstall silahkan buka aplikasi tersebut.


3. Pilin Source “From a disk image” untuk memilih lokasi file iso dari OS windows yang sudah kalian download dan akan diinstall.

4. Pada opsi File system, pilih “NTFS”

5. Pada target device, pilih device (USB Flashdisk) yang akan kalian gunakan sebagai bootable flashdisk.


6. Jika semua opsi sudah kalian pilih silahkan klik Install, dan proses installasi bootable flashdisk woeUSB akan berjalan tunggu hingga proses selesai dengan menampilkan pop up "installation succeesed!".



7. Silahkan cabut usb flashdisknya karena sudah siap untuk digunakan.

Demikian step-step membuat bootable usb flashdisk OS windows pada Linux mint. Jika ada masalah atau kurang jelas, silahkan tuliskan dikolom komentar. Terima kasih.

Post a Comment

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar, dengan catatan :
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
2. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar via email
3. Berkomentarlah dengan baik dan bijak tanpa menyinggung SARA.