Cara root android Acer Liquid Z520 dan pasang TWRP pada Acer Z520

cara root android tanpa pc 2019 acer z520

Cara root dan pasang custom recovery TWRP untuk acer liquid z520 

Kali ini theAsk akan membagikan tips bagaimana sih cara untuk root dan memasang custom recovery TWRP untuk device acer liquid z520?

Kenapa dan apasih fungsi dari root dan TWRP untuk perangkat kalian, berikut ini penjelasannya.

1. Apa itu Root?

Seperti yang dilansir pada situs wikipedia, Rooting adalah proses yang memungkinkan kita untuk melakukan akses dan kontrol ke dalam sistem administrasi android yang biasa disebut juga superuser/ root.

Berdasarkan pengertian tersebut maka rooting biasa dilakukan guna mengatasi keterbatasan yang diberikan oleh produsen perangkat kita. Dengan rooting kita bisa mengubah atau mengganti aplikasi dan pengaturan dari sistem.

Jadi rooting dapat digunakan untuk menghapus beberapa aplikasi sistem yang biasanya sudah tertanam di perangkat kita dari produsen yang mungkin untuk kita aplikasi tersebut tidak perlu. Dengan begitu maka akan sedikit melegakan penyimpanan perangkat kita.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, bahwa proses rooting perangkat tersebut akan secara otomatis menghilangkan garansi pada perangkat kita, sebagian besar produsen perangkat HP tidak akan menerima klaim garansi kerusakan HP kita apabila ternyata diketahui bahwa HP kita sudah berstatus root. Jadi sebelum melakukan rooting ada baiknya dipikir-pikir dulu.

2. Apa Itu TWRP (Custom Recovery/ TeamWin Recovery Project)

TWRP adalah singkatan dari TeamWin Recovery Project. Ini merupakan custom recovery yang opensouce untuk perangkat Android yang di-rooting.

Dari penjelasan diatas admin rasa cukup jelas keterkaitan antara proses rooting anroid dengan proses pemasangan TWRP pada device kalian. Umumnya para opreker android akan melakukan rooting android device mereka, guna untuk memaksimalkan kinerja perangkat dan untuk memasang custom os/ rom pada device mereka.

Nah, untuk kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara root android Acer liquid z520 tanpa PC dan cara memasang TWRP pada acer z520, Jika kalian berhasil melakukan rooting dan memasang TWRP, kalian sudah bisa dengan mudah melakukan gonta ganti rom untuk acer z520 tanpa takut terjadi kesalahan, karena sebelum melakukan pergantian rom, melalui TWRP kalian dapat memback-up terlebih dahulu system dan data kalian sebelum mengeksekusi custom rom.

Aplikasi ini cukup membantu guna menginstal firmware pihak ketiga dan membackup sistem android kalian. Dan saat Ini juga mendukung instalasi custom ROM, kernel, add-on mis. Gapps dan mod lainnya. Dengan menggunakan TWRP Anda dapat menghapus, memformat, menginstal atau membackup sistem kalian.

CARA ROOTING ANDROID ACER Z520 TANPA PC

  • Silahkan download terlebih dahulu bahan-bahannya. (link download pada akhir artikel).
  • Install KingRoot pada perangkat kalian.
  • Jika sudah terinstall, silahkan jalankan aplikasi tersebut, diposisi awal, karena perangkat kalian belum diroot, maka aplikasi Kingroot akan menampilkan informasi bahwa perangkat acer z520 kalian “Not Root”.
  • Untuk menjalankan proses Root android acer Z520 tanpa PC, silahkan pilih “Try Root” dan tunggu hingga proses selesai.

  • Sampai disini, perangkat Acer Z520 kalian sudah berhasil diroot, sekarang saatnya memasang custom recovery TWRP.

CARA MEMASANG CUSTOM RECOVERY TWRP DI ACER Z520

  • Install aplikasi Rashr yang sudah kalian download tadi kemudian jalankan, silahkan berikan izin akses root.
  • Pada tampilan awal, akan muncul pop up “Warning” yang kurang lebihnya menjelaskan agar kalian sebelum melakukan eksekusi dengan aplikasi ini agar melakukan backup, namun kali ini admin tidak melakukan backup, jadi admin memilih “I KNOW THE RISK”.
  • Jika sudah masuk ke aplikasi, silahkan scroll ke bawah dan cari menu “Recovery from Storage”
  • Berikutnya akan muncul pop up “Pick a file”, silahkan cari dan pilih file “TWRP img” yang tadi sudah kalian download.
  • Berikutnya akan muncul kembali pop up penegasan apakah file yang dipilih sudah benar, periksa kembali file tersebut dan jika memang sudah benar maka silahkan pilih “YES”
  • Jika berhasil maka akan muncul pop up “Partition Flashed” silahkan tekan “YES” untuk reboot ke mode recovery TWRP yang sudah kalian install.
  • Selesai, custom recovery TWRP kalian sudah terpasang di Acer z520. Dengan berhasilnya memasang custom recovery tersebut, Kalian sudah bisa meinstall/ flashing custom rom sesuka hati kalian, adapun cara flashing custom rom di acer z520 dapat kalian lihat disini.

Demikian sedikit admin menjelaskan bagaimana cara root android tanpa PC Acer Liquid Z520 dan cara memasang TWRP pada Acer z520. Jika masih ada yang kurang jelas, kalian bisa menanyakan di kolom komentar. Terima kasih.


Bahan-bahan root android acer z520 dan TWRP
KingRoot
GoogleDrive Playstore Apkmirror

Rashr
GoogleDrive Playstore Apkmirror



Disclaimer: If you flash any Custom ROM, your Android warranty has been canceled. If you use it please work at your own risk. theAsk will not be responsible for any damage or loss that occurs to your device, during or after the installation process. Continue at your own risk.

1 comment

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar, dengan catatan :
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
2. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar via email
3. Berkomentarlah dengan baik dan bijak tanpa menyinggung SARA.
  1. Halo mas. Saya boleh dapat kontak email / telegram mas tidak? Saya punya Z520 dan sebenernya tertarik buat oprek. Tapi males kalau ngehadapin bug sana sini. Mohon kesediaannya untuk direspon. Terima kasih.

    ReplyDelete