Cara Porting BOOT.IMG mt65xx (mt6592 ke mt6582)


Kali ini saya kembali lagi membagi pengalaman untuk porting boot.img, seperti sebelum-sebelumnya cara ini saya dapatkan dari berbagai sumber di google, dan sudah saya implementasikan sendiri diperangkat saya.

Porting boot.img perlu dilakukan apabila kita melakukan crossport rom yang berbeda chipset, dalam hal ini saya melakukannya setelah portingan saya dari mt6592 ke mt6582 tidak bisa booting, meskipun saya sudah coba untuk mengganti beberapa file library di folder system rom, namun tetap tidak bisa booting, seletah coba mencari-cari informasi digoogle dan melakukan beberapa eksperimen maka saya coba untuk porting boot.img tersebut dan hasilnya perangkat saya bisa booting dengan custom rom yang baru.

cara porting boot img mt65xx android 7.1.2 mediatek kernel 3.4.67

Sekali lagi langkah-langkah ini saya terapkan sendiri jadi jika terdapat kesalahan atau hal-hal yang salah menurut kalian, silahkan memberikan masukan di kolom komentar, dan tahapan-tahapan yang saya share ini sudah saya lakukan sendiri dan alhamdulliah bisa work 100% di perangkat saya.

Untuk memastikannya berikut info mengenai perangkat dan hal-hal yang saya eksekusi.

  • Perangkat saya acer z520 dengan chipset mt6582 kernel 3.4.67
  • File boot.img yang saya porting berasal dari rom dengan perangkat mt6592 kernel 3.4.67

Cara porting boot.img mt65xx sbb:

1. Kali ini untuk unpack boot img, saya menggunakan tool "bootImgtool" kalian bisa download di akhir artikel ini. untuk tool tersebut saya lupa ketemunya dimana karena sudah lama.

2. Ekstrak tool yang sudah didownload tadi, jika sudah maka akan ada 2 folder yaitu folder PORT dan STOCK.

3. copy boot img kalian ke folder tersebut, boot.img dari rom base ke folder STOCK, dan boot.img rom porting ke folder PORT

4. Jika sudah silahkan unpack kedua boot.img tersebut di masing-masing folder dengan meng-klik file bat "unpack", jika normal maka akan muncul beberapa file dan folder hasil unpack boot tersebut seperti gambar berikut.

sebelum di unpack

setelah di unpack

5. Copy file kernel, ramdisk, bootinfo.txt dan cpiolist.txt dari folder STOCK dan paste replace di folder PORT.

6. Buka foldet initrd di folder PORT dan pilih/ select semua file .rc dan edit dengan notepad++ (pilih semua file .rc dan klik kanan openwith notepad++). "Untuk gambarnya agak berbeda karena saya menggunakan linux dengan aplikasi notepadqq".

file rc


7. Jika sudah maka jendela aplikasi notepad++ akan terbuka dengan semua file-file yang ada di folder initrd. silahkan replace all teks mt6592 menjadi mt6582 di semua file yang terbuka. "Untuk gambarnya agak berbeda karena saya menggunakan linux dengan aplikasi notepadqq".

replace mt6592 menjadi mt6582
Proses ini akan mengganti semua teks dari file tersebut jika ada dari mt6592 menjadi mt6582, jika sudah selesai silahkan save all dan exit.

8. Sekarang masuk ke folder initrd yang ada di folder PORT, rename semua file yang memiliki nama *mt6592 menjadi *mt6582

9. Jika sudah, Pack kembali boot.img tersebut dengan cara meng-klik file bat PACK yang ada di folder PORT tersebut.

10. Sekarang akan muncul file baru dengan nama boot-new.img, rename file tersebut menjadi boot.img dan silahkan push ke zip file rom kalian untuk digunakan.

Demikian tutorial singkat mengenai cara saya porting boot.img, semoga bermanfaat dan terima kasih.


credit : 
- theAsk (porting rom mt6582)
- bootimgtool

Post a Comment

Jika ada yang kurang jelas, silahkan tulis dikolom komentar, dengan catatan :
1. Berkomentar sesuai dengan topik artikel.
2. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi komentar via email
3. Berkomentarlah dengan baik dan bijak tanpa menyinggung SARA.